Search

Buat Sudut Asri nan Hijau di Rumah Demi Kesehatan Mental

Mutia

| 20 Agustus 2018 12:09

Dream - Taman atau lahan hijau bagi mereka yang hidup di perkotaan boleh dibilang merupakan hal yang langka. Tiap lahan cenderung dimanfaatkan menjadi bagian dari rumah yang tertutup dan dilapisi semen.

Suasana hijau pepohonan yang asri pun sulit didapatkan. Padahal area hijau penuh tanaman sangat dibutuhkan demi kesehatan mental penghuni rumah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan tim dari Department of Emergency Medicine, Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

" Gejala depresi bisa dikurangi jika orang-orang yang tinggal di perkotaan memiliki akses yang mudah dan banyak terhadap area-area hijau, seperti taman atau hutan kota," ujar Eugenia C. South, salah satu peneliti.

Penelitian ini menganalisis 110 cluster dan melihat perubahan yang terjadi pada 3 kelompok. Sebanyak 442 orang dewasa terlibat dalam penelitian ini. Selama 18 bulan penelitia melihat bagaimana efek dari area hijau pada kesehatan mental mereka.

" Beberapa orang dewasa yang tinggal di kawasan dengan area hijau, perasaan depresi dan tidak berharga menurun secara signifikan," ungkap penelitian tersebut.

Untuk itu sangat dianjurkan menyediakan lahan di rumah untuk ditanami tumbuhan hijau atau sekedar rumput untuk bersantai. Tak cukup memiliki lahan untuk membuat taman hijau di rumah?

Manfaatkan area dekat jendela yang cukup banyak mendapat sinar matahari sebagai taman gantung vertikal. Taruh rak dengan penyangga untuk menaruh pot-pot mungil berisi tumbuhan. Begitu juga bagian teras rumah, taruh tanaman rambat dalam pot dan gantung di dinding.

Banyak cara untuk memunculkan nuansa asri dan hijau dalam hunian. Ingat, demi kesehatan mental Anda dan keluarga.

Sumber: Apartment Theraphy

Baca Juga :

Let's block ads! (Why?)

https://parenting.dream.co.id/decor/buat-sudut-asri-nan-hijau-di-rumah-demi-kesehatan-mental-180820u.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buat Sudut Asri nan Hijau di Rumah Demi Kesehatan Mental"

Post a Comment

Powered by Blogger.