Search

Penting! Bangun Komunikasi dengan Guru Anak di Sekolah

Mutia

| 30 Agustus 2018 14:12

Dream - Banyak orangtua yang menganggap kalau pendidikan anak di sekolah hanyalah kewajiban para guru. Terutama dalam hal pencapaian akademik dan kedisiplinan. Padahal, orangtua juga harus ikut berperan bahkan pengaruhnya lebih besar.

Untuk itu sangat penting bagi orangtua dan guru membangun komunikasi yang efektif demi perkembangan anak. Salah satunya adalah selalu membicarakan kondisi anak di rumah dengan gurunya. Sangat dianjurkan para orangtua membicarakan kecenderungan anak di rumah pada gurunya.

Manfaatkan waktu pertemuan guru dan orangtua secara efektif. Ungkapkan secara jujur kondisi anak di rumah.

" Misalnya anak memiliki masalah dalam pelajaran tertentu atau kondisi kesehatannya. Jangan segan untuk meminta pertemuan yang lebih privat atau meminta kontak guru wali kelasnya," ujar Aretha Wilson, seorang psikolog pendidikan.

Komunikasi yang terjalin dengan baik antara orangtua murid dan guru akan memunculkan pengasuhan dan pendidikan yang mumpuni. Tiap anak tentunya memiliki kelebihan dan kecenderungan yang berbeda. Demi mencari pola didik yang pas, guru di sekolah bisa sangat mengandalkan informasi dari orangtua.

" Orangtua tentu juga sangat ingin tahu bagaimana kondisi anak di sekolah. Hal tersebut bisa diketahui secara detail melalui gurunya. Bukan hanya terkait pencapaian akademik, tapi juga sikap, kebiasaan, termasuk minat dan bakatnya," ungkap Wilson.

Jangan segan untuk meminta petunjuk dari guru anak di sekolah dalam hal membimbingnya saat belajar. Dengan komunikasi yang efektif, baik guru maupun orangtua bisa mengarahkan pendidikan anak sesuai dengan bakatnya.

Sumber: Powerful Parenting

Baca Juga :

Let's block ads! (Why?)

https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/penting-bangun-komunikasi-dengan-guru-anak-di-sekolah-180830h.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penting! Bangun Komunikasi dengan Guru Anak di Sekolah"

Post a Comment

Powered by Blogger.