Search

Jangan Abaikan Disfungsi Ereksi, Segera Konsultasi

Hal terpenting adalah mencari pemicu utamanya.

Dream - Disfungsi ereksi (DE) merupakan gangguan seksual yang paling banyak dikeluhkan pria berusia 40-80 tahun di seluruh dunia.

Berdasarkan penelitian The Global Study of Sexual Attitudes and Behaviors (GSSAB) di 29 negara termasuk Indonesia, jumlah penderita DE terbesar ada di Asia Tenggara (28,1%), diikuti oleh Asia Timur (27,1%) dan Eropa Utara (13,3%).

Disfungsi ereksi sendiri merupakan ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi dengan baik untuk berhubungan seksual. Gangguan ini dipicu oleh beberapa faktor.

Antara lain riwayat penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, depresi dan masalah saluran kemih bawah. Kondisi psikologis juga sangat mempengaruhi.

" Stres dan masalah hubungan personal adalah beberapa penyebab psikologis yang dapat memicu dan memperburuk DE," kata dr. Nugroho Setiawan, spesialis andrologi dari RSUP Fatmawati, di Jakarta 29 Agustus 2018.

Menurut survei pada 2004, 45 persen penderita DE tidak mencari bantuan dan hanya 21 persen yang mencari perawatan medis. Penelitian serupa pada 2011 menegaskan bahwa faktor sosial budaya, agama dan ekonomi mencegah pasien untuk konsultasi dengan dokter.

Padahal DE bisa diatasi dengan pengobatan medis. Hal terpenting adalah mencari pemicu utamanya. Jika disebabkan oleh masalah penyakit jantung, maka pengobatan akan terfokus lebih dulu pada penyakit jantung, baru kemudian masalah DE.

Dokter Nugroho sangat menyarankan para penderita DE untuk segera berkonsultasi dan tak membiarkannya begitu saja. " Pasien DE tidak perlu takut untuk konsultasi ke dokter karena kerahasiaan dijaga dan sudah jadi sumpah dokter untuk itu," ujar Dokter Nugroho.

Demi mencegah terjadinya DE, dr. Nugroho menyarankan para pria untuk berhenti merokok, mengurangi atau berhenti minum alkohol, dan meningkatkan aktivitas fisik.

(Laporan: Rahma Yultus)

Baca Juga:

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/fresh/jangan-abaikan-disfungsi-ereksi-segera-konsultasi-1808290.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Abaikan Disfungsi Ereksi, Segera Konsultasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.