Search

LBH Pers Gelar Penggalangan Dana, Terhimpun Donasi Rp141 Juta

Dream - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers mengetuk kepedulian publik dengan menggelar malam penggalangan dana pada Rabu, 1 Agustus 2018. LBH Pers kini tengah kekurangan dana untuk membiayai operasional organisasi maupun menjalankan advokasi terhadap kebebasan pers dan berekspresi.

" Tujuan dari penggalangan dana publik ini adalah mengajak partisipasi publik dengan cara menghimpun dana publik untuk mendanai kerja-kerja advokasi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi," ujar Direktur Eksekutif LBH Pers, Nawawi Bahrudin, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Kamis 2 Agustus 2018.

Acara ini berlangsung di SCTV dibawakan oleh host Aiman Witjaksono dan Cindy Sistiyarini. LBH mendapat dukungan dari sejumlah lembaga seperti Ikatan Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Indonesian Corruption Watch (ICW), SCTV, KontraS, LBH Jakarta, Sindikasi, FSPMI/SPLM serta sejumlah individu dan insan pers.

Dalam acara tersebut sempat diputarkan film pendek LBH Pers yang dibuat oleh AJI Jakarta. Agenda dilanjutkan dengan sambutan dan testimoni dari insan pers maupun tokoh yang menaruh kepedulian terhadap dunia media Tanah Air.

Jurnalis senior Bambang Harimurty mengatakan kerja LBH Pers tidak sebatas menangani kasus yang sedang terjadi. " Tetapi juga mencegah timbulnya sebuah kasus, seperti kegiatan pelatihan hukum pers kepada aparat penegak hukum dan lain-lain," kata Bambang.

Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Mohammad Teguh menegaskan dukungannya terhadap keberadaan LBH Pers. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah menyiapkan lokasi agar penggalangan dana dapat berjalan sukses.

 Pimred Liputan6.com

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri turut hadir dalam penggalangan dana publik ini. Dalam orasinya, Hanif menekankan pentingnya pekerja media untuk berserikat.

" Dengan berserikat maka pekerja menjadi kuat," ucap Hanif.

Dari acara tersebut akhirnya terkumpul dana Sebesar Rp141,8 juta. Mendapat bantuan tersebut, Nawawi menyampaikan terima kasih kepada para donatur atas terkumpulnya dana tersebut.

" Donasi ini adalah amanah publik kepada LBH Pers, agar LBH Pers tetap konsisten dalam membela dan mengadvokasi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi," ucap Nawawi.

Lebih lanjut, LBH Pers berencana kembali menggelar penggalangan dana pada 30 Agustus 2018. Gedung Goethe-Institut Indonesien Menteng dipilih sebagai lokasi acara.

(Sah) 

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/lbh-pers-gelar-penggalangan-dana-publik-1808028.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "LBH Pers Gelar Penggalangan Dana, Terhimpun Donasi Rp141 Juta"

Post a Comment

Powered by Blogger.