Search

Tatkala Wahyu Pertama Umat Islam Turun ke Dunia

Dream - Malam nanti, Ramadan sudah memasuki hari ke-17. Ada peristiwa penting yang terjadi di tanggal tersebut.

Peristiwa penting itu adalah Nuzulul Quran, turunnya wahyu pertama kepada Rasulullah Muhammad SAW. Peristiwa ini terekam dalam Surat Al Baqarah ayat 185.

" Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)."

Ulama sebenarnya berbeda pendapat mengenai turunnya Alquran. Tetapi, sebagian ulama meyakini Alquran turun pada 17 Ramadan tahun 41 dari kelahiran Rasulullah atau tahun ke dua kenabian, seperti dijelaskan Imam Ibnu Ishaq.

Dasar pendapat ini adalah Surat Al Anfaal ayat 41.

" Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Ayat ini selain menunjukkan waktu Nuzulul Quran, juga menunjukkan peristiwa besar yaitu pertempuran kaum Muslimin dengan Musyrikin. Peristiwa itu terjadi dalam Perang Badar pada 17 Ramadan 2 Hijriah.

Pendapat di atas menunjukkan 17 Ramadan merupakan tanggal istimewa bagi umat Islam. Selain Perang Badar, Rasulullah SAW menerima wahyu pertama berupa Surat Al Alaq.

Selengkapnya...

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/tatkala-wahyu-pertama-umat-islam-turun-ke-dunia-180531e.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tatkala Wahyu Pertama Umat Islam Turun ke Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.