Search

Dapat Undangan Ada Ayat Alquran, Begini Perlakuannya

Jangan sampai undangan tersebut dibuang.

Dream - Bagi umat Islam Indonesia, mencantumkan ayat Alquran dalam undangan pernikahan merupakan peristiwa yang sering terjadi. Biasanya, ayat yang dikutip adalah Surat Ar Rum ayat 21 tentang hakikat berpasangan.

Banyak juga undangan yang mencantumkan lafal basmalah dalam tulisan Arab. Ini tidak hanya ditemukan di undangan pernikahan, namun juga untuk acara lain seperti walimatul khitan maupun rapat keorganisasian seperti tingkat RT, RW, maupun kelurahan.

Karena sudah terlalu biasa, sebagian dari kita menganggap tidak ada masalah terkait hal ini. Padahal, sebagian ulama menghukumi makruh mencantumkan lafal basmalah maupun ayat Alquran dalam tulisan Arab pada undangan.

Dikutip dari NU Online, kemakruhan ini ditetapkan oleh para ulama kalangan Mazhab Syafi'i dan Hanafi. Sebab ada kekhawatiran undangan tersebut jatuh dan terbengkalai hingga membuat ayat Alquran terinjak-injak.

Bahkan ulama di lingkungan Mazhab Maliki berpandangan lebih keras lagi. Mazhab ini menghukumi haram menuliskan ayat Alquran dalam huruf Arab pada undangan karena dapat menghina Kitab Suci Umat Islam itu.

2 dari 2 halaman

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/dapat-undangan-ada-ayat-alquran-begini-cara-perlakuannya-180906n.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dapat Undangan Ada Ayat Alquran, Begini Perlakuannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.