Search

Ngeri, Bakteri Berbahaya Incar Pemakai Lensa Kontak

Bakteri memicu infeksi langka yang bisa berujung pada kebutaan.

Dream - Memakai lensa kontak memang jadi pilihan praktis untuk mengganti kacamata. Tapi pemakainya memang harus menjaga kebersihan secara ekstra. Jangan sampai kondisi tangan kotor dan memicu munculnya bakteri di lensa kontak.

Sebuah kasus mengerikan terjadi di Inggris. Banyak pemakai lensa kontak di negara tersebut mengalami infeksi langka yang bisa menyebabkan kebutaan. Infeksi tersebut dikenal dengan nama Acanthamoeba Keratitis.

Dikutip dari Metro.co.uk, infeksi menyebabkan lapisan mata dan kornea menjadi nyeri dan meradang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Ophthalmology, kasus penyakit tersebut meningkat menjadi antara 35 hingga 65 kasus setiap tahun dari 2011 hingga 2016.

Sebuah studi pada 2002 memperkirakan prevalensi Acanthamoeba Keratitis di Inggris tenggara menjadi 2,5 kasus per 100.000 pemakai lensa kontak, tetapi saat ini dua hingga tiga kali lebih tinggi. Hal ini diungkapkan para peneliti dari University College London (UCL) dan tim dari Rumah Sakit Mata Moorfields, London.

Pasien yang terkena penyakit ini, kondisi penglihatannya bisa hanya kurang dari 25 persen atau menjadi buta setelah terkena infeksi tesebut.

" Acanthamoeba merupakan mikroorganisme pembentuk kista, ditemukan dalam tingkat yang tinggi di persediaan air domestik Inggris," ujar peneliti utama, Pofesor John Dart, dari Institut Ophthalmologi dan Rumah Sakit Mata Morfields.

Ia menyarankan untuk jangan mengenakan lensa kontak saat berenang termasuk saat berendam di bak mandi. Pastikan selalu mencuci dan kondisi tangan sangat bersih saat memakai lensa kontak.

" Lebih baik pilih lensa kontak yang sekali pakai untuk mengurangi risiko terkontaminasi bakteri yang bisa memicu infeksi," ungkap Dart.

Baca Juga:

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/fresh/ngeri-bakteri-berbahaya-incar-pemakai-lensa-kontak-180922z.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ngeri, Bakteri Berbahaya Incar Pemakai Lensa Kontak"

Post a Comment

Powered by Blogger.