Search

Menguak Efek Dahsyat Kehamilan dan Melahirkan Pada Otak Ibu

Mutia

| 13 April 2018 16:02

Dream - Kehamilan menandai periode perubahan yang luar biasa dalam tubuh perempuan. Selain perubahan fisik , banyak ibu hamil yang mengungkap kalau ada perubahan besar pada sudut pandangan mereka dan semacam membentuk 'preganancy brain'.

Ibu hamil jadi merasa lebih sering lupa, kurang perhatian, dan masalah depresi yang terkadang menyertai kehamilan.

Kehamilan adalah periode yang ditandai dengan perubahan besar-besaran dalam tubuh, termasuk pergeseran hormonal yang dramatis.

" Dalam beberapa tahun terakhir para psikolog sangat tertarik untuk mempelajari lebih banyak tentang bagaimana kehamilan mempengaruhi para ibu, baik secara fisik maupun mental," ujar Kendra Cherry seorang psikolog dan penulis buku Everything Psychology Book.

Sebagai contoh, sebuah meta-analisis pada 2007 mengkompilasi 14 penelitian berbeda yang membandingkan ibu hamil dan pascamelahirkan dengan perempuan yang tidak hamil dalam ukuran memori. Hal yang ditemukan para peneliti adalah bahwa ibu hamil mengalami gangguan signifikan pada ukuran memori tertentu, tetapi tidak semua.

" Lebih khusus lagi, mereka menemukan bahwa kendali kognitif eksekutif dapat terganggu secara signifikan selama kehamilan dan periode postpartum. Area yang secara khusus dipengaruhi oleh kehamilan termasuk memori kerja," ujar Cherry, dikutip dari Verywell.

Satu studi menemukan bahwa kehamilan memang menyebabkan perubahan mencolok pada otak ibu. Sehingga peneliti dapat mengetahui apakah seorang perempuaki memiliki anak atau tidak dengan hanya dengan melihat hasil pemindaian otaknya.

Apa sebenarnya perubahan-perubahan ini? Satu studi menemukan bahwa materi abu-abu sebenarnya menyusut di area otak yang berhubungan dengan pemrosesan dan merespons sinyal sosial.

Perubahan otak saat kehamilan ini ternyata dipengaruhi hormon, kurang tidur, dan stres. Mungkin tak semua ibu mengalaminya, tapi memang ada perubahan kondisi otak ketika seorang perempuan telah hamil dan melahirkan.

Baca Juga :

Let's block ads! (Why?)

https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/menguak-efek-dahsyat-kehamilan-dan-melahirkan-pada-otak-ibu-180413v.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menguak Efek Dahsyat Kehamilan dan Melahirkan Pada Otak Ibu"

Post a Comment

Powered by Blogger.