Search

Prediksi Tsunami 57 Meter Bikin Geger, Ini Usul Ahli Bencana

Dream - Prediksi tsunami setinggi 57 meter sempat membuat heboh warga Pandeglang, Banten. Kabar itu bahkan menjadi pemberitaan di media online.

Menanggapai kabar tersebut, Sekjen Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) Lilik Kurniawan menegaskan kabar mengenai tsunami hanya boleh dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

" Sebaiknya begitu (tidak percaya kalau bukan dari BMKG). Sumbernya BMKG menurut undang-undang," ujar Lilik di Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Lilik menjelaskan kabar yang beredar selama ini sebetulnya hasil dari penelitian potensi tsunami. Namun, dia mengusulkan, hasil penelitian mengenai potensi tsunami itu seharusnya disampaikan ke BMKG

" Raw material diolah oleh BMKG. Secara resmi BMKG menyampaikan kepada masyarakat," ucap dia.

Seandainya BMKG telah mengeluarkan peringatan potensi tsunami, Lilik mengatakan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mengevakuasi diri.

Seperti diketahui media online yang memuat berita mengenai prediksi tsunami di Pandeglang, Banten telah memberikan klarifikasi. Media tersebut menulis wilayah Jawa Barat memiliki potensi, bukan menjadi lokasi prediksi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/kabar-tsunami-57-meter-ahli-bmkg-sumber-rujukan-resmi-180411m.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Prediksi Tsunami 57 Meter Bikin Geger, Ini Usul Ahli Bencana"

Post a Comment

Powered by Blogger.