Search

Rasul Lebih Sering Berpuasa di Bulan Sya`ban

Dream - Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan berpuasa di luar Ramadan. Ibadah itu biasa dilakukan di hampir semua bulan.

Tetapi, Rasulullah jauh lebih sering menjalankan puasa pada bulan Sya'ban. Bahkan terdapat riwayat yang menyatakan Rasulullah hampir sebulan melaksanakan puasa bulan Sya'ban.

Kebiasaan itu tercantum dalam hadis riwayat Bukhari, dari Abu Salamah RA.

" Diriwayatkan dari Abu Salamah, bahwa Aisyah berkata, Nabi tidak berpuasa pada satu bulan lebih banyak selain di bulan Sya'ban. Sesungguhnya Nabi berpuasa pada bulan Sya'ban (seolah-olah) pada seluruh bulan."

Hadis ini menyebutkan Rasulullah tidak berpuasa Sya'ban satu bulan penuh melainkan beberapa hari. Tetapi, intensitas Rasulullah dalam berpuasa lebih sering saat Sya'ban dibandingkan bulan-bulan lainnya, sehingga disebut sebulan.

Imam Al Qasthalani memberikan penjelasan dalam kitab Irsyadus Sari mengenai mengapa Rasulullah SAW memperbanyak puasa di bulan Sya'ban. Imam Al Qasthalani mengutip riwayat An Nasai terkait hal ini.

" Dari Usamah bin Zaid, ia berkata, " Aku bertanya pada Rasulullah, 'Wahai Rasulullah, aku tak melihat engkau berpuasa dalam sebulan sebagaimana engkau lakukan di bulan Sya'ban.' Rasulullah menjawab, 'Bulan itu (Sya'ban) adalah bulan yang banyak orang lalai darinya, karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadan. Pada bulan Sya'ban, amalan diangkat kepada hadirat Allah, maka aku ingin amalanku diangkat selagi aku sedang berpuasa."

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari menjelaskan Aisyah juga meriwayatkan Rasulullah banyak berpuasa di bulan Sya'ban. Sebbabnya, pada bulan tersebut ajal manusia dicatat dan diserahkan kepada Allah SWT.

Selengkapnya...

(ism) 

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/hanya-pada-syaban-rasulullah-lebih-sering-berpuasa-1804302.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rasul Lebih Sering Berpuasa di Bulan Sya`ban"

Post a Comment

Powered by Blogger.