Search

Salah Kaprah Penyebab Kanker Prostat, Ketahui Faktanya

Kanker prostat bukan dipicu sel sperma yang tak dikeluarkan, tapi...

Dream - Ramai beredar di media sosial seorang perempuan berjaket putih menjelaskan penyebab kanker prostat. Dalam penjelasannya, pria harus mengeluarkan sperma secara rutin minimal tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Jika tidak, air mani dan sperma akan membentuk plak yang mengkristal dan memicu tumor serta kanker prostat. Video itu membuat banyak pria panik. Padahal informasi itu boleh dibilang salah besar.

Kanker prostat bukan dipicu sel sperma yang tak dikeluarkan, penyebab utamanya masih belum diketahui. Tapi pada tingkat dasar, kanker prostat disebabkan perubahan pada DNA sel prostat normal.

Dikutip dari AloDokter, faktor yang paling berperan dalam perubahan DNA itu adalah gaya hidup. Merokok setiap hari, konsumsi makanan kaya kalsium tiggi serta obesitas akan meningkatkan risiko seorang laki-laki terkena kanker prostat.

Riwayat kesehatan keluarga juga berpengaruh. Jika ada keluarga laki-laki yang menderita kanker prostat atau wanita yang menderita kanker payudara, risiko untuk terkena kanker prostat akan meningkat.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307 ribu kasus kematian pada 2012.

Untuk di Indonesia sendiri, kanker prostat menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak, dengan jumlah penderita sebesar 971 orang pada 2011. Pria usia 70 hingga 79 tahun merupakan kelompok terbanyak yang menderita penyakit ini.

(ism, Selengkapnya baca di sini.)

2 dari 3 halaman

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/fresh/salah-kaprah-penyebab-kanker-prostat-ketahui-faktanya-1809120.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Salah Kaprah Penyebab Kanker Prostat, Ketahui Faktanya"

Post a Comment

Powered by Blogger.