Search

Singgung Imunisasi MR, Ini Pilihan Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad menyatakan lebih baik memilih mudharat terendah.

Dream - Ustaz Abdul Somad turut memberikan tanggapan terkait status imunisasi dalam sudut pandang Islam. Meski banyak yang menolak imunisasi terutama vaksin Measless-Rubella (MR) karena dianggap mengandung unsur babi, Ustaz Somad menyatakan pendapat berbeda. 

Menurut Somad hukum imunisasi memang belum ditegaskan. Apalagi MUI juga belum mengeluarkan fatwa halal imunisasi MR. Namun jika kondisinya sangat terpaksa, Somad memilih untuk melakukan vaksinasi.

" Adapun tentang bahwa dia (vaksin) diambil dari babi atau segala macam, kalau memang penyakit yang dikhawatirkan itu menimbulkan risiko tertinggi mati, antara dua. Mati sama babi pilih mana? Pilih babi, tak boleh pilih mati!" ujar Somad dalam video ceramah yang diunggah di akun Youtube, diakses pada Rabu, 12 September 2018.

Somad mengibaratkan kondisi ini seperti seseorang yang masuk hutan dan hanya ada dua kemungkinan yaitu bertahan hidup dengan makan babi atau mati. Secara tegas dia menyatakan makan babi dibolehkan.

" Itu nama hukumnya akhafudl dlararin, memilih dua mudharat," kata dia.

Lebih lanjut, kata Somad, kaidah hukum ini menyatakan memilih satu di antara dua mudharat. Tentu mudharat yang dipilih memiliki kadar bahaya yang lebih rendah.

" Boleh memilih mudharat terendah," ucap Somad.

2 dari 5 halaman

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/halal-haram-imunisasi-mr-ustaz-abdul-somad-pilih-babi-tak-boleh-mati-1809126.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Singgung Imunisasi MR, Ini Pilihan Ustaz Abdul Somad"

Post a Comment

Powered by Blogger.