Search

Terlampau Sibuk, Ini Amalan Singkat tapi Disukai Rasul

Dream - Setiap orang punya kesibukan masing-masing. Pekerjaan yang menumpuk, order pesanan yang banyak, atau apapun sering membuat kita kesulitan mendekatkan diri kepada Allah SWT lewat amalan-amalan sunah.

Meski begitu, ada baiknya kita tetap melaksanakan amalan sunah. Selain berpahala, kita bisa merasakan keberkahan dari amalan tersebut.

Ada beberapa amalan sunah yang bisa kita kerjakan di sela kesibukan. Kita hanya menghabiskan waktu beberapa menit saja untuk melaksanakannya.

Amalan tersebut yaitu mendirikan sholat sunah dua rakaat usai wudhu. Amalan ini dulunya rutin dikerjakan oleh Bilal bin Rabah RA.

Dalam hadis riwayat Muslim dari Uqbah bin Amir Al Juhaniy RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga."

Amalan berikutnya yaitu sholat sunah fajar dua rakaat. Amalan ini sederhana, namun amat dicintai oleh Rasulullah SAW.

Dalam hadis riwayat Muslim, dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda,

" Dua rakaat sholat sunah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya."

Sholat ini dilaksanakan ketika terbit fajar Subuh. Meski dilakukan di awal waktu sebelum Sholat Subuh, sholat fajar bukanlah sholat qabliyah.

Imam An Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menerangkan,

" Sholat sunah Subuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Subuh. Dan dianjurkan sholat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i dan jumhur (mayoritas) ulama."

Selengkapnya...

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/terlampau-sibuk-ini-amalan-pembawa-berkah-180409i.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terlampau Sibuk, Ini Amalan Singkat tapi Disukai Rasul"

Post a Comment

Powered by Blogger.