Search

Jarang Diketahui, Ada Fenomena Lain Pas Gerhana Bulan 28 Juli

Dream - Gerhana bulan total 28 Juli 2018 menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Waktu gerhana yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 02.29 WIB akan menjadi fenomena alam terlangka dalam abad ini. 

Para ahli menyatakan gerhana bulan total kedua setelah awal Januari 2018 ini merupakan yang terlama.

Namun tak banyak yang tahu jika ada fenomena lain yang terjadi pada saat yang bersamaan. 

Mengutip laman bosscha.itb.ac.id, Jumat, 27 Juli 2018, selain gerhana bulan total, akan muncul fenomena langka lainnya yaitu oposisi Mars. Fenomena tersebut merupakan posisi planet luar Mars yang berlawanan arah 180 derajat dengan Matahari dilihat dari Bumi.

Fenomena tersebut biasanya terjadi setiap 26 bulan sekali. Observatorium Bosscha memantau, pada 27 Juli 2018, Mars berada pada titik paling dekat dengan Matahari. Fenomena itu disebut perihelion.

Karena jaraknya yang berdekatan dengan Matahari, ukuran Mars akan terlihat besar. Meski demikian, ukurannya tidak akan berubah secara signifikan.

Jika dilihat dari Bumi dengan mata telanjang, Mars akan terlihat seperti titik merah yang lebih terang dibanding cahaya bintang. Apabila melihat dengan teleskop, piringan planet merah akan terlihat dua kali lebih besar saat berada pada titik terjauhnya dengan Matahari.

Dengan adanya fenomena ini, Observatorium Bosscha melakukan beberapa kegiatan pengamatan fotografi dan spektroskop seperti, mempelajari kondisi atmosfer Bumi secara kualitatif dan merekonstruksi spektrum atmosfer Bumi sebagai model atmosfer planet layak huni untuk dibandingkan dengan atmosfer di planet luar tata surya (ekstrasolar).

Kemudian melakukan pengamatan mengenai perubahan yang terjadi pada tutupan salju/es kutub (polar cap) Mars. Kegiatan yang dilakukan Observatorium Bosscha ini tidak terbuka bagi umum. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk menyaksikan di rumah masing-masing atau bersama komunitas astronomi yang menggelar pengamatan gerhana bulan total.

(Sah)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/selain-gerhana-bulan-bosscha-pantau-ada-fenomena-lain-di-28-juli-2018-180727p.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jarang Diketahui, Ada Fenomena Lain Pas Gerhana Bulan 28 Juli"

Post a Comment

Powered by Blogger.