Search

Langka, Bengkel Gerabah Zaman Firaun Ditemukan

Dream - Sejumlah arkeolog menemukan situs kuno yang merupakan bengkel pembuatan tembikar di selatan Provinsi Aswan, Mesir. Diperkirakan situs itu sudah berusia 4.000 tahun.

Kementerian Peninggalan Kuno pada Kamis, 19 Juli 2018, menyatakan bengkel tersebut merupakan situs tertua peninggalan Dinasti Keempat Kerajaan Lama yang menguasai Mesir pada 2.613 sampai 2.494 Sebelum Masehi.

Kerajaan Lama juga dikenal sebagai zaman ketika bangunan piramida berkembang.

Di dalam bengkel, para arkeolog menemukan roda pembuat gerabah kuno yang terbuat dari batu kapur dengan dasar berongga.

 Bengkel gerabah kuno

Sekjen Dewan Tertinggi Peninggalan Kuno, Mostafa Al Waziri, mengatakan penemuan ini tergolong langka.

Menurut dia, akan ada banyak lagi informasi terungkap mengenai perkembangan produksi gerabah dan kehidupan keseharian masyarakat Mesir kuno di masa itu.

 Bengkel gerabah kuno

Di hari yang sama, arkeolog juga membuka sarkofagus batu granit besar berusia 2.000 tahun yang ditemukan di Alexandria. Penemuan benda yang diumumkan awal bulan ini memunculkan spekulasi terkait isinya baik secara lokal maupun internasional.

Al Waziri mengakhiri spekulasi tersebut dengan menyatakan hanya ditemukan sisa-sisa kerangka dan air limbah di dalam sarkofagus. Dia mengatakan peti batu yang berbobot 30 itu mungkin milik keluarga kaya yang hidup di era Ptolemaic.

Dia melanjutkan kemungkinan sisa kerangka itu milik tiga prajurit, berdasarkan pemeriksaan awal. Sisa-sisa kerangka itu akan menjalani rekonstruksi untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang jasad di dalam peti batu itu.

(Sah, Sumber: Arab News)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/bengkel-tembikar-kuno-4000-tahun-ditemukan-di-mesir-180720i.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Langka, Bengkel Gerabah Zaman Firaun Ditemukan"

Post a Comment

Powered by Blogger.