Search

Jam Munculnya Gerhana Bulan Total dan Prediksi Cuaca 34 Kota

Dream - Gerhana bulan total tinggal hitungan 11 jam lagi. Fenomena alam yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia ini akan terjadi pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari nanti.

Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung bisa melihat langsung fenomena alam ini. Mengutip laman Planetariaum Jakarta, proses terjadinya gerhana bulan total akan berjalan dalam tujuh tahapan.

Artinya, kamu harus bersiap-siap untuk begadang akhir pekan ini demi menyaksikan fenomena alam langka ini.

(Baca: Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Langka, Ini Alasannya)

Namun jika kamu yang tinggal di Jakarta ingin menyaksikan momen gerhana bulan totalnya saja, sebaiknya mulai keluar rumah sekitar pukul 02:29 WIB dini hari nanti. Waktu ini diperkirakan saat dimana gerhana bulan total mulai mencapai puncaknya.

Laman BMKG memperkirakan puncak gerhana bulan total akan terjadi pada pukul 03:21 WIB dan berakhir pada pukul 04:13 WIB. Untuk yang tinggal di wilayah WITA dan WIT tinggal menambahkan satu jam.

(baca: Simpan Jadwalnya, Ini Tahapan Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018)

Kamu yang tak mau keluar rumah atau cuaca langit sedang mendung, tak perlu bersedih. Mengutip akun resmi twitternya, @infoBMKG, badan milik pemerintah ini akan menyediakan layanan live streaming gerhana bulan total di laman http://www.bmkg.go.id/gbt.

Tapi sebelum mulai mempersiapkan diri menonton fenomena langka ini, kamu sebaiknya mengetahui terlebih dahulu prakiraan cuaca di kota kamu. Jangan sampai kamu sudah bersiap begadang, tahunya langit di kota kamu sedang mendung.

Beberapa kota di Indonesia pada dini hari kemungkinan akan beruntung bisa menikmati gerhana bula total. BMKG memperkirakan cuaca cerah akan terjadi di kota Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang dan Bandar Lampung.

Sementara untuk warga Jakarta sebaiknya banyak berdoa agar cuaca lebih terang. Dari prakiraan cuaca BMKG, langit di kawasan Jakarta Pusat akan terang berawan.

Data prakiraan cuaca untuk 34 ibukota provinsi dapat dilihat di bawah ini

So siapkan diri kamu ya Sahabat Dream untuk menyaksikan momen langka ini. Eits jangan lupa menunaikan ibadah sholat gerhana bulan ya. 

(Baca: Tata Cara Shalat Gerhana Bulan dengan Niat dan Bacaannya)

(Sah)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/jam-munculnya-gerhana-bulan-total-dan-prediksi-cuaca-34-kota-1807275.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jam Munculnya Gerhana Bulan Total dan Prediksi Cuaca 34 Kota"

Post a Comment

Powered by Blogger.