Search

Quraish Shihab, Aa Gym, Ulil Abshar, dan Facebook Live

Dream - Platform media sosial Facebook mencatat konten video memiliki penggemar yang cukup tinggi. Banyak orang lebih menyukai video karena lebih menarik.

Laporan Cisco Visual Networking Index Global Mobile Data Traffic Forecast Update 2015-2020 memprediksi, pada 2020 nanti, sebanyak 75 persen data internet akan dihabiskan untuk melihat video.

Laporan ini mengilhami Facebook menghadirkan sejumla fitur video seperti Facebook Video, Facebook Stories, dan Facebook Live.

Peluang ini dimanfaatkan betul oleh sejumlah pihak. Bahkan sejumlah ulama memanfaatkan sejumlah fitur video pada Facebook untuk memperluas jangkauan dakwah.

Beberapa ulama tersebut antara lain KH Abdullah Gymnastiar, KH Quraish Shihab, dan Ulil Abshar Abdala. Mereka kerap mengunggah konten video pada akun Facebooknya serta memanfaatkan fitur Facebook Live untuk menyiarkan ceramahnya secara langsung.

Aa Gym biasa menggunakan Facebook Live untuk menyiarkan pengajiannya setiap pagi usai subuh juga di waktu-waktu lainnya. Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid di Bandung, Jawa Barat ini juga aktif mengungah konten video, foto, maupun teks berisi pesan Islam sebagai rahmatan lil 'alamin.

 Aa Gym

Dalam catatan Facebook, konten video yang diunggah Aa Gym rata-rata mendapatkan 88.480 likes, 75.200 views, 2.220 comments. Aa Gym menyadari betul besarnya manfaat yang diraih dari pemanfaatan fitur Facebook Live.

" Dengan Facebook Live, memudahkan berbagai lapisan masyarakat untuk bisa mengikuti dakwah kapan saja dan di mana saja, di dalam maupun di luar negeri," ujar Aa Gym dalam keterangan resmi Facebook yang diterima Dream. 

KH Quraish Shihab juga menyadari pentingnya membuat konten video dengan tujuan dakwah. Selama Ramadan lalu, Quraish menyiarkan program 'Hidup Bersama Alquran' yang dipandu Najwa Shihab di halaman Facebooknya.

 KH Quraish Shihab

" Saya sangat bersyukur melihat banyaknya orang terhubung dengan serial dakwah online kami," kata Quraish.

Konten video Quraish rata-rata mendapatkan 160 likes, 1225 views, 5 comments.

Tidak ketinggalan Ulil Abshar Abdalla. Kiai muda ini juga memanfaatkan Facebook Live secara rutin untuk menyiarkan pengajian Kitab Ihya' Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Ulil sebenarnya berniat ingin kembali mengajak umat Islam mengkaji kitab kuning sesuai tradisi pesantren.

 Ulil Abshar Abdalla

Oleh istrinya, Ulil disarankan untuk memanfaatkan media sosial agar pengajian kitabnya bisa diikuti lebih banyak orang. Dia lalu memutuskan memulai pengajian kitab Ihya Ulumuddin pada Ramadan tahun lalu.

" Sekarang saya memiliki jadwal ceramah reguler setiap Kamis di Facebook. Facebook membuat ceramah saya lebih mudah diakses oleh masyarakat umum dan memungkinkan saya untuk tetap bisa berinteraksi dengan teman-teman dekat saya di Facebook," kata Ulil.

Video Ulil rata-rata mendapatkan 559 likes, 7880 views, 262 comments. (ism)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/ulama-indonesia-manfaatkan-facebook-untuk-perluas-dakwah-180720l.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Quraish Shihab, Aa Gym, Ulil Abshar, dan Facebook Live"

Post a Comment

Powered by Blogger.