Search

Geger Cairan Aneh Muncul di Makam Berusia 2000 Tahun

Dream - Tim arkeolog menemukan peti mati batu atau sarkofagus diperkirakan berusia 2.000 tahun di Alexandria, Mesir awal bulan ini. Saat dibuka, terdapat tiga kerangka jenazah yang terendam dalam cairan aneh berwarna merah.

Penemuan itu menimbulkan sejumlah spekulasi di kalangan ilmuwan. Ada yang menyebut cairan itu merupakan 'solusi hidup', ada pula yang mengatakan sebagai 'jus mumi'.

Kementerian Peninggalan Antik dan Kuno Mesir, menyatakan cairan tersebut bukan berasal dari jasad yang ada di dalam sarkofagus. Bukan pula merkuri merah yang terkenal itu. 

Cairan berwarna merah itu diyakini hanya sebah limbah.

" Makam dan sarkofagus batu di dalamnya tidak berisi bagian-bagian yang tersisa dari Aleksander Agung seperti yang diperkirakan oleh orang-orang," demikian pernyataan resmi kementerian, dikutip dari boldsky, Selasa 24 Juli 2018.

Sejumlah laporan media menyebut banyak pihak mengingatkan tentang adanya kutukan jika sarkofagus itu sampai dibuka. Tetapi, pihak kementerian mengabaikan peringatan tersebut.

Laman Independent melaporkan sarkofagus itu terbuat dari batu hitam. Di dalamnya terdapat tiga kerangka manusia.

Beberapa hari usai pemberitaan tentang penemuan tersebut di sejumlah media, netizen ramai mengajukan permintaan untuk mendapatkan cairan itu. Sebagian dari mereka meyakini cairan itu memiliki khasiat tertentu.

" Kita harus meminum cairan merah dari sarkofagus kusam itu seperti minuman berkarbonasi atau minuman mengandung kafein sehingga kita bisa mendapatkan kekuatannya," kata permintaan netizen online.

Sejumlah sejarawan mengatakan Alexander Agung, yang merupakan penguasa dan pendiri kerajaan Mesir kuno, mati muda, Tetapi jasadnya tidak ditemukan.

Sejumlah catatan pra-sejarah menyatakan Alexander pernah berwasiat jenazahnya dilemparkan ke Sungai Eufrat. Tetapi para sejarawan yakin tampaknya pengikut Alexander meletakkan jasad raja besar itu di sebuah makam yang akan ditemukan suatu hari nanti.

(Sah, Laporan: Rahma Yultus)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/cairan-coklat-dalam-sarkofagus-2000-tahun-jadi-incar-180724t.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Geger Cairan Aneh Muncul di Makam Berusia 2000 Tahun"

Post a Comment

Powered by Blogger.