Search

Ingin Melamar Wanita Idaman, Begini Cara yang Islami

Dream - Pernikahan merupakan momen yang begitu didambakan semua orang. Lewat pernikahan, dua insan dipersatukan dalam satu ikatan rumah tangga.

Ada satu proses yang harus dijalankan sebelum pernikahan terjadi. Proses tersebut adalah lamaran, yang dalam Islam disebut dengan istilah khitbah.

Jangan bayangkan lamaran itu seperti dalam sejumlah film Barat. Si pria bersimpuh di hadapan wanita lalu mempersembahkan cincin dan berkata, 'Would you marry me?' atau 'Maukah kamu jadi istriku?'

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, dalam Islam, proses lamaran tidak demikian. Seorang pria yang ingin menikah mengajukan lamaran kepada ayah dari wanita yang akan menjadi istrinya. Ini karena ayah dari wanita tersebut merupakan wali yang nantinya menikahkan anaknya.

Memang ada sebagian pria yang menyampaikan sendiri niat khitbahnya kepada wali si wanita. Tetapi, kebanyakan praktik lamaran dijalankan melalui orangtua si pria kepada ayah di wanita.

Kemudian, prosesi lamaran belum harus diumumkan dan disunahkan dilakukan secara tertutup. Sebab, khitbah belum merupakan kepastian dari pernikahan dan masih ada kemungkinan untuk ditolak.

Lamaran juga bukan berarti mengesahkan wanita menjadi calon istri. Pihak wanita harus memberikan jawaban dulu apakah lamaran diterima atau ditolak.

Jika lamaran diterima, maka status wanita menjadi makhtubah. Wanita yang bersangkutan tidak boleh lagi menerima lamaran dari laki-laki lain, kecuali jika lamaran dibatalkan oleh salah satu pihak.

Dan ketika lamaran diterima, pasangan ini belum halal untuk berduaan. 

Selengkapnya...

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/ingin-melamar-wanita-idaman-begini-caranya-menurut-islam-180409l.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Melamar Wanita Idaman, Begini Cara yang Islami"

Post a Comment

Powered by Blogger.