Search

Sulit Bayar Angsuran KPR? Lakukan 3 Cara Ini

Dream – Harga rumah semakin lama bertambah mahal. Inilah yang membuat sebagian besar orang memanfaatkan pembiayaan utang kredit pemilikan rumah (KPR) untuk mendapatkan hunian.

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat 13 Juni 2018, KPR memang memudahkan proses untuk membeli rumah. Setelah berhasil mengumpulkan uang muka, uang yang harus dipersiapkan adalah cicilan setiap bulan selama beberapa tahun ke depan.

Selama mencicil, pasti ada saja kondisi perekonomian yang tak selalu mulus. Ada kalanya kita kesulitan keuangan sehingga tak mampu membayar cicilan KPR atau gagal bayar di tengah jalan. Wah, gagal bayar ini seharusnya dihindari. Selain kehilangan rumah yang dicicil, kamu juga akan masuk ke daftar hitam dan sulit mengajukan kredit ke depannya. Tentunya kamu tak mau, kan?

Lalu, apa cara yang tepat yang harus dilakukan nasabah?

Menurut praktisi hukum properti dan perbankan, Junaeidi D. Kamil, ada tiga langkah yang harus dilakukan. Pertama, bersikap kooperatif dengan petugas bank. Ketika perekonomian sulit untuk mencicil, jangan lantas menghindari pertugas bank. Cobalah untuk menjalin komunikasi yang baik dengan bank. Silaturahmi ini akan memberikan ruang untuk mencari solusi.

Ke dua, terbuka atas faktor penyebab kesulitan membayar angsuran kepada bank. Kesulitan yang dihadapi itu pasti ada solusi. Munculnya kesulitan acapkali terjadi karena salah menyikapi permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu, cobalah terbuka atas faktor penyebab kamu sulit membayar angsuran kepada bank.

Ketiga, meminta solusi kepada bank atas kesulitan ini. Bank memiliki pola-pola restrukturisasi solusi bagi nasabah kredit yang sulit membayar angsuran. Syaratnya, nasabah harus kooperatif dan masih memiliki prospek membayar angsuran.

Sumber: Liputan6.com/ Fitriana Moniica Sari

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/dinar/sulit-bayar-angsuran-kpr-lakukan-3-cara-ini-180713u.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sulit Bayar Angsuran KPR? Lakukan 3 Cara Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.