Search

Saat Si Kecil Lahir, Orangtua Perlu Lakukan Ini

Dream - Setiap orangtua tentu mendambakan kehadiran buah hati. Kebahagiaan begitu besar mereka rasakan kala mendengar tangis bayi untuk pertama kalinya.

Anak merupakan anugerah dari Allah SWT. Setiap orangtua bertanggung jawab untuk mengasuh dan mendidiknya hingga tumbuh menjadi sosok yang sholeh dan sholehah.

Ketika bayi terlahir, para orangtua dianjurkan untuk menjalankan beberapa amalan. Seperti dijelaskan Syeikh Wahbah Az Zuhaili dalam kitabnya, Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, amalan tersebut ada tiga macam.

Amalan pertama mengazani bayi pada telinga kanan dan ikamah pada telinga kiri. Amalan ini disebutkan dalam hadis diwayat Abu Daud.

" Dari Ubaidillah bin Abi Rafi', dari ayahnya, dia berkata, 'Aku melihat Nabi SAW mengumandangkan azan di telinga Husain bin Ali ketika Siti Fatimah melahirkannya dengan azan sholat'."

Juga terdapat dalam hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas RA.

" Sesungguhnya Nabi SAW mengumandangkan azan di telinga sebelah kanan Sayyidina Hasan, dan iqamah di telinga sebelah kirinya."

Ke dua, dianjurkan membacakan Surat Al Ikhlas pada telinga kanan bayi. Ini bertujuan agar ajaran tauhid yang terkandung dalam Surat Al Ikhlas menjadi hal pertama didengar si bayi.

Hal ini dibahas dalam kitab Musnad Ibnu Razin.

" Sesungguhnya Rasulullah Muhammad SAW membacakan Surat Al Ikhlas pada telinga anak yang baru dilahirkan."

Sedangkan yang ketiga, membacakan dia di telinga kanan bayi. Ini agar anak selamat, utamanya dari godaan setan.

Selengkapnya...

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/saat-si-kecil-lahir-orangtua-perlu-lakukan-ini-180706l.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saat Si Kecil Lahir, Orangtua Perlu Lakukan Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.