Search

Akhirnya, Korea Utara Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir

Dream - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengakhiri situs program uji coba nuklir di Punggye-ri, Gunung Mantap. Proses penghancuran situs uji coba nuklir itu akan disaksikan sekelompok wartawan asing.

Diwartakan NBCNews.com, Rabu, 23 Mei 2018, penghancuran situs itu untuk menepati janji penghentian program tes nuklir bawah tanah dan peluncuran rudal balistik antarbenua.

Pembongkaran itu dilakukan jelang pertemuan sepihak antara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada 12 Juni mendatang di Singapura.

Selain mengundang wartawan luar negeri, Korea Utara akhirnya mengizinkan para wartawan dari Korea Selatan untuk menyaksikan pembongkaran Punggye-ri.

" Kami mengirimkan delapan reporter dari dua kantor berita ke Korea Utara hari ini, dan mereka menerimanya," tulis Kementerian Unifikasi Korea.

Pembongkaran situs uji coba nuklir diharapkan berlangsung antara hari Rabu hingga Jumat pekan ini. Tergantung pada cuaca.

Korea Utara telah melakukan enam kali uji coba nuklir di Punggye-ri. Uji coba berdampak luas dan paling kuat pernah dilakukan pada September 2017.

Bulan lalu, di hadapan pejabat tinggi partai, Kim Jong-un mengatakan bahwa uji coba lebih lanjut tidak lagi diperlukan.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Khairisa Farida)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/korut-pugar-situs-uji-coba-nuklir-180523m.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhirnya, Korea Utara Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir"

Post a Comment

Powered by Blogger.