Search

Standar Besaran Zakat Fitrah Bekasi Tertinggi di Jabar

Dream – Besaran zakat fitrah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjadi yang tertinggi di Jawa Barat. Ketentuan ini menyusul penetapan besaran standar zakat fitrah di setiap kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Dilansir dari Merdeka.com, Rabu 30 Mei 2018, Kabupaten Bekasi menempati urutan pertama besaran standar zakat fitrah dengan nominal Rp38.500, disusul oleh Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Bekasi dengan nominal masing-masing Rp35 ribu.

“ Bisa dibilang Kabupaten Bekasi paling tinggi standarnya, mencapai Rp38.500,” kata Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Arif mengatakan standar zakat tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Karawang sebesar Rp32 ribu, disusul oleh Kabupaten Cirebon, Garut, Purwakarta serta Kota Depok, Cirebon, Sukabumi, dan Bandung sebesar Rp30 ribu.

Ada juga daerah lain yang standar zakat yang di bawah Rp30 rbu, yaitu Kabupaten Sumedang dengan besaran Rp29 ribu, Cianjur Rp28 ribu, serta Subang, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Indramayu Rp27.500.

“ Paling rendah Rp25 ribu di Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar serta Kabupaten Ciamis,” kata dia.

Arif mengatakan penetapan besaran standard zakat tersebut dilakukan mengingat jelang Idul Fitri 1.439 Hijriah masyarakat mulai berbondong-bondong menitipkan zakat fitrahnya ke sejumlah tempat pengumpul zakat.

" Biasanya ke DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) setempat, kelurahan, juga lembaga resmi pengumpul zakat lain di sekitar tempat tinggalnya," kata dia.

Arif mengatakan tidak sedikit tempat pengumpulan zakat yang saat ini sudah membuka layanan penitipan zakat fitrah setelah adanya penetapan besaran standard zakat tersebut. Besaran standar zakat fitrah di tiap Kabupaten dan Kota memiliki nilai yang berbeda-beda, hal itu menyesuaikan dengan harga beras di daerah masing-masing.

" Berdasarkan survei pasar dan hasil musyawarah antara kami dengan pemerintah daerah, MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan Bulog (Badan urusan logistik) setempat," kata dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/dinar/standar-zakat-fitrah-bekasi-tertinggi-di-jawa-barat-180530q.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Standar Besaran Zakat Fitrah Bekasi Tertinggi di Jabar"

Post a Comment

Powered by Blogger.