Search

Menag Serahkan Verifikasi Daftar Nama Mubalig ke MUI

Dream - Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, telah menyerahkan daftar nama mubalig ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk keperluan verifikasi. Setelah tahapan ini, daftar nama tersebut baru akan dipublikasikan.

" Ini kami sampaikan kepada MUI dan sudah menyampaikan dan mengadakan rapat dengan mengundang ormas Islam, kemudian mendalami nama-nama ini untuk memverifikasi lalu pada saatnya akan disampaikan menyikapi nama-nama itu," kata Lukman saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR, Kamis 24 Mei 2018.

Rapat tersebut sedianya membahas rencana penambahan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Namun Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher, meminta penjelasan Lukman terkait daftar 200 nama mubalig yang berujung polemik.

Lukman menjelaskan daftar nama tersebut disusun berdasarkan saran ormas Islam, ulama, takmir masjid, dan instansi pemerintah maupun swasta yang sering mengundang para dai untuk mengisi ceramah. " Tentu tidak semua ormas Islam," kata Lukman.

Dari hasil masukan dan saran berbagai kalangan, Kementerian Agama (Kemenag) menerima nama-nama mubalig. Nama-nama dalam daftar rilis tersebut mencapai hingga lebih dari 200 orang.

Hampir seluruh anggota Komisi VIII DPR RI yang mengikuti rapat tersebut tidak sependapat dengan daftar 200 mubalig yang dikeluarkan oleh Kemenag. Salah satunya adalah anggota Komisi VIII, Yandri Susanto, yang meminta penyusunan daftar mubalig itu tidak diteruskan.

" Nanti malah ada yang tercecer. Nanti ada kloter-kloter maka dianggap yang 200 itu maqam-nya paling bagus," ujar Yandri.

(Beq)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/menag-telah-serahkan-daftar-nama-mubalig-ke-mui-180524y.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menag Serahkan Verifikasi Daftar Nama Mubalig ke MUI"

Post a Comment

Powered by Blogger.