Search

Puasa Ramadan, MUI Imbau Masyarakat Hargai Perbedaan

Dream - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam beribadah dengan niat semata-mata untuk mencari rida Allah dalam bulan Ramadan 1438 H/2018 M.

" Bulan puasa harus dimaknai sebagai bulan yang penuh dengan rahmat atau kasih sayang," ujar Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 17 Mei 2018.

Zainut berharap masyarakat mampu menghargai perbedaan keyakinan selama menjalankan puasa. Sehingga, perselisihan yang melahirkan kemudharatan dapat dihindari.

Menurut Zainut, berpuasa bukan hanya sekadar menahan diri dari makan, minum, dan semua hal yang dapat membatalkannya. Puasa juga dapat melatih kepekaan terhadap kesulitan orang lain, empati kepada mereka yang belum beruntung, dan keberpihakan terhadap yang teraniaya.

" Lebih dari itu puasa dapat membentuk pribadi yang menghargai nilai-nilai kemanusian dan hak asasi manusia. Puasa dapat menjauhkan diri dari perbuatan zalim, aniaya, teror dan bentuk kerusakan lainnya," ucap dia.

Zainut menambahkan, pengimplementasian nilai-nilai Islam akan lebih mudah diterapkan ketika sedang berpuasa. Tak hanya itu, puasa juga dapat menyeimbangkan hubungan vertikal kepada Allah (hablun minallah) dan hubungan horisontal dengan manusia (hablun minannas).

" Jadi sesungguhnya tujuan berpuasa itu adalah membentuk seorang muslim yang memiliki kesalehan pribadi dan kesalehan sosial," kata dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/puasa-ramadan-mui-imbau-masyarakat-hargai-perbedaan-180517i.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puasa Ramadan, MUI Imbau Masyarakat Hargai Perbedaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.