Search

Bangun Kepercayaan Diri Saat Menyandang Status 'Ibu'

Mutia

| 27 Mei 2018 17:34

Dream - Tak ada sekolah formal untuk menjadi orangtua. Penyesuaian pun harus segera dilakukan ketika bayi lahir ke dunia. Banyak sekali perempuan yang merasa tak percaya diri ketika menjadi ibu.

Rasa takut melakukan kesalahan atau gagal selalu menghantui. Apalagi jika berada di lingkungan yang kurang mendukung atau selalu memberikan respons negatif. Namun jangan biarkan krisis kepercayaan diri menguasai Anda.

Terapkan empat konsep ini ketika menjadi orangtua. Hal terpenting adalah menemukan kenyamanan dan cinta saat bersama buah hati.

- Hindari menjadi 'helikopter'
Orangtua seharusnya menjadi pemandu, bukan penjaga. Menjadi mentor, bukan pemonitor. Tak perlu selalu ingin segalanya sempurna, menjaga si kecil agar tak ada luka sedikit pun. Anak-anak kadang lebih belajar secara efektif melalui kesalahan yang dilakukannya.

- Bukan ilmu pasti
Setiap anak memiliki kepribadian yang unik dan tak mungkin disamakan. Metode pengasuhan pada satu anak tak menjamin bisa berhasil pada anak lain. Lakukanlah yang paling bisa Anda lakukan untuk si kecil. Jangan terlalu mempedulikan omongan orang lain.

- Banyak membaca
Semakin banyak buku tentang mengasuh anak yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan yang didapat. Dengan cara ini ibu juga akan semakin percaya diri dalam mengasuh buah hatinya.

- Jangan membandingkan
Akan ada banyak orang yang menceritakan pengalamannya mengurus bayi pada Anda. Termasuk menceritakan perkembangan anak-anak mereka. Dalam momen seperti ini, hindari melakukan perbandingan. Hal itu hanya akan membuat Anda kelelahan secara psikologis dan menurunkan kepercayaan diri.

Sumber: Fit Pregnancy

Baca Juga :

Let's block ads! (Why?)

https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/bangun-kepercayaan-diri-saat-menyandang-status-ibu-180525w.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bangun Kepercayaan Diri Saat Menyandang Status 'Ibu'"

Post a Comment

Powered by Blogger.