Search

Innalillahi, Kiai yang Dicium Jokowi Wafat Saat Sujud

Dream - KH Sholeh Qosim, pengasuh Pondok Pesantren Al Ismailiyah Ngelom Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur, wafat di usia 88 tahun pada Kamis 10 Mei 2018 pukul 18.00 WIB. Kabar ini cukup mengejutkan lantaran pada siang hari, Kiai Qosim masih mengikuti pengajian semaan Alquran Jantiko Mantab (Jatman) di Jombang.

Nama Kiai Qosim sempat viral di media sosial dan meraih kekaguman banyak netizen ketika menghadiri perayaan Ulang Tahun TNI ke-72 di Serang, Banten. Saat perayaan tersebut, Presiden Joko Widodo sungkem sampai mencium tangan Kiai Qosim sebagai rasa takzim.

" Pagi almarhum masih bisa mengikuti kegiatan Jatman di Jombang. Bahkan sore hari sudah kembali ke kediaman dan melaksanakan Sholat Asar di Masjid Ponpes Al Ismailiyah Ngelom Sepanjang Sidoarjo," ujar cucu Kiai Qosim, Ahmad Miftah Haque, dikutip dari Josstoday.com, Jumat 11 Mei 2018.

Miftah mengatakan kakeknya sempat sholat sendirian di rumah saat Maghrib. Beberapa lama kemudian, Kiai Qosim tidak juga beranjak.

 Jokowi mencium tangan Kiai Qosim

Karena cukup lama, Tholiah yang merupakan bibi Miftah masuk ke kamar. Menurut Miftah, bibinya ingin melihat Kiai Qosim sedang melakukan apa.

" Saat ditemui, almarhum wafat dalam posisi sujud," kata dia.

Keluarga kemudian membawa Kiai Qosim ke rumah sakit untuk memastikan sudah meninggal atau belum. Pihak rumah sakit menyatakan Kiai Qosim sudah tiada.

Jenazah Kiai Qosim akan dimakamkan hari ini. " Insya Allah akan dimakamkan besok usai sholat Jumat," kata dia.

Kiai Qosim sempat menghadiri peringatan HUT TNI ke-72 atas permintaan Jenderal Gatot Nurmantyo yang saat itu menjabat sebagai Panglima TNI. Dalam peringatan tersebut, Gatot meminta Jokowi menyerahkan potongan tumpeng kepada tiga orang tokoh.

Mereka adalah Paimin, 92 tahun, Kiai Qosim, dan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi. Kiai Qosim dipilih karena merupakan anggota Laskar Sabilillah yang turut dalam perang kemerdekaan 1943 dan pertempuran 10 November.

Saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Kiai Qosim, Jokowi menyalami ulama tersebut. Tetapi, yang lebih membuat haru, Jokowi sampai mencium tangan Kiai Qosim.

Sumber: Joostoday.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/orbit/innalillahi-kiai-yang-dicium-jokowi-wafat-saat-sujud-180511r.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Innalillahi, Kiai yang Dicium Jokowi Wafat Saat Sujud"

Post a Comment

Powered by Blogger.