Search

Mahathir Mohamad Menang Pemilu Malaysia, Jadi PM Tertua Dunia

Dream - Pemilu Malaysia berakhir dengan hasil mengejutkan. Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohammad memenangkan Pemilu di negara itu.

Kemenangan ini sekaligus menjadi momen kembalinya Mahathir yang pernah menjadi perdana menteri Malaysia selama 22 tahun.

Hasil Pemilu Malaysia yang berlangsung kemarin juga mengakhiri dominasi koalisi Barisan Nasional yang dipimpin Partai UMNO. Partai yang kini dipimpin PM petahana Najib Razak itu berkuasa sejak 6 dekade terakhir, atau sejak Malaysia menyatakan kemerdekaannya pada 1957.

Mahathir akan menjadi PM tertua di dunia. Saat disumpah, Mahathir telah menginjak usia 92 tahun.

" Kami tak ingin balas dendam. Yang kami inginkan adalah memulihkan supremasi hukum," ujar Mahathir dalam konfrensi pers kemenangannya dikutip dari laman news.com.au.

Sementara itu, Razak yang menjadi pesaing berat Mahathir telah menerima keputusan hasil Pemilu yang diakuinya cukup mengejutkan.

Meski menerima keputusan hasil Pemilu, Najab tak memberikan kejelasan soal kepemimpinan pemerintahan Malaysia. Dia malah mengatakan calon PM Malaysia tergantung dari keputusan Raja Malaysia mengingat tak ada partai politik memenangkan kursi mayoritas Parlemen.

Kemenangan Dramatis

Hasil utusan resmi dari KPU-nya Malaysia terungkap jika partai oposisi pimpinan Mahathir, Pakatan Harapan dengan beberapa partai kecil, mendpatkan 121 kursi di parlemen. Jumlah itu lebih dari ketentuan 112 kursi parlemen yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan.

Sementara Barisan Nasional diketahui hanya mengantongi 79 kursi, merosot tajam dari sebelumnya 133 kursi.

Kemenangan partai oposisi ini diduga terjadi karena isu yang dilancarkan seputar upata Najib yang akan melakukan apapun untuk mempertahankan kekuasannya.

(Sah)

Let's block ads! (Why?)

https://www.dream.co.id/news/mahathir-mohamad-menang-pemilu-malaysia-jadi-pm-tertua-dunia-1805107.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahathir Mohamad Menang Pemilu Malaysia, Jadi PM Tertua Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.